Penerapan Pembelajaran Virtual Immersive untuk Memahami Konsep Perubahan Iklim dan Keterampilan Proses Berpikir

09-09-2022
Masalah perubahan iklim saat ini menjadi masalah yang mengkhawatirkan masyarakat di seluruh dunia. Pendidikan dianggap sebagai salah satu cara untuk mengatasi masalah ini. Namun materi tentang perubahan iklim sulit untuk dipahami karena konsep yang terkandung di dalamnya kompleks dan membutuhkan kemampuan berpikir yang baik. Oleh karena itu, diperlukan pembelajaran yang dapat memfasilitasi hal tersebut. Immersive Virtual Learning (IVL) menganalisis hasil penerapannya terhadap pemahaman dan kemampuan proses berpikir siswa. Penggunaan pre-post control group design yang melibatkan 59 siswa SMP menunjukkan hasil belajar siswa di kelas tersebut berbeda nyata dengan kelas kontrol. Pemahaman konsep siswa kelas perlakuan lebih baik dibandingkan siswa kelas kontrol. Hasil yang sama juga ditunjukkan pada hasil analisis data terkait keterampilan berpikir pada kedua kelas tersebut. Diharapkan ada penelitian lebih lanjut terkait IVL untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih baik.
Download