Implementasi Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan atau Education
for Sustainable Development (ESD) di sekolah memiliki kesesuaian dengan
system pembelajaran yang diterapkan di Indonesia saat ini yaitu Kurikulum
Merdeka Belajar. Peserta didik mendapatkan kesempatan untuk belajar secara
kreatif melalui penyusunan proyek terkait materi tertentu, khususnya dalam
bidang sains. Guru sebagai fasilitator pembelajaran di kelas tentunya juga
diharapkan memiliki keterampilan dalam merancang suasana kelas serta proyek
yang relevan dengan materi ajar. Hal ini menjadi alasan utama bagi Tim Rumpun
Bidang Keilmuan (RBK) Teori dan Inovasi Pembelajaran Fisika FMIPA Universitas
Negeri Surabaya untuk melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM)
bagi guru dengan tujuan memberikan pelatihan dalam penyusunan rencana
pembelajaran proyek yang mendukung ESD.
Tim PKM melaksanakan kegiatan pelatihan bertempat di SMA N 1 Nganjuk dengan peserta dari MGMP Fisika Kabupaten Nganjuk sejumlah 62 orang guru. Pemateri yang hadir dalam kegiatan PKM, yaitu Nurita Apridiana Lestari, M.Pd., Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd., Dr. Eko Hariyono, M.Pd., Dr. Dwikoranto, M.Pd., dan Dr. Binar Kurnia Prahani, M.Pd. Materi yang disampaikan dalam kegiatan PKM meliputi Pembelajaran berbasis Proyek STEM/STEAM dan Pembelajaran Perubahan Iklim untuk Pembangunan Berkelanjutan.
Gambar Dr. Eko Hariyono, M.Pd. menyampaikan materi terkait Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sains (Fisika) berbasis Proyek dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan
Tim Pemateri juga Menyusun Buku berjudul STEAM pada Pembelajaran Fisika dan Pembangunan Berkelanjutan untuk dibagikan dibagikan kepada peserta sebagai referensi bacaan. Buku yang ditulis berisi tentang konsep STEM-STEAM, ESD, Contoh Proyek serta Contoh Rencana Pembelajaran.
Gambar Produk Buku yang disusun oleh Tim Pelaksana
Pelaksanaan kegiatan pelatihan berjalan dengan lancar ditunjukkan
dengan antusiasme yang tinggi dari peserta. Selain pemberian materi, peserta
juga diminta untuk membuat desain rancangan proyek yang pernah atau akan
diajarkan dalam kelas fisika disertai dengan keterangan aspek Science, Technology,
Engineering, Art, dan Mathematics (STEAM). Contoh proyek “Mini Air Cooler” yang
digambarkan oleh peserta sebagai berikut.
Gambar Desain
“Mini Air Cooler” untuk Mengatasi Masalah Perubahan Iklim khususnya Pemanasan
Global.